24 Agustus 2009

SMA N 1 Bojong Kab. Tegal


SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal berdiri pada Tahun Pelajaran 1990/1991. Pada awalnya benama SMA Negeri Tuwel, pada tahun 1991 diubah menjadi SMA Negeri 1 Bojong Kabupaten Tegal. Pada tahun pertama, kegiatan belajar mengajar (KBM) menempati gedung SMP Negeri Tuwel (sekarang SMP N 1 Bojong). Jumlah siswa sekitar seratusan orang, terbagi dalam tiga kelas. Kepala Sekolah dijabat oleh Kepala SMA N 2 Slawi yaitu Bapak Drs. M. Ramdhan. Guru-guru pengajar berasal dari Guru SMA Balapulang: Drs. Ahmad Anwar, Drs. Mudjiharso, Drs. Herbisono, Elfina Zahro, Guru SMA N 2 Slawi : Drs. Sadali, Drs. Mujiyanto, Drs. Joko S, Guru SMP N Tuwel : Ahmad, Sarono, Guru SMP N Bumi Jawa : Kustiyati, Sudiyanto dan Guru Wiyata Bakti : Drs. Mukhromin, Elfina Zahro dan Sri Rejeki. Staf Tata Usaha berasal dari SMP N Tuwel : Tonani dan Gunardi.
Untuk membekali siswa baru, pada waktu itu disatukan dengan penataran P4, dilakukan atau dijadikan satu dengan SMA N Balapulang selama satu minggu mulai tanggal 13-19 Juli 1990 di Banjaranyar Kecamatan Balapulang.
Pada tahun kedua, kegiatan belajar mengajar telah berpindah ke gedung baru yang berlokasi di depan kantor pertanian (sekarang UPTD Pertanian Kecamatan Bojong). Pada unit gedung baru ini, kapala sekolah juga baru. Kepala Sekolah definitive yang pertama adalah Drs. Wasyhadun. Jumlah kelas 5; 3 kelas I dan 2 kelas II jurusan A3 (IPS) dan jurusan A2 (IPA Biologi). Pada tahun kedua ini sudah mulai mendapat tenaga guru dan tata usaha tetap (PNS).
Pada tahun ketiga dan selanjutnya perkembangannya sudah mulai tampak. Dalam hal prestasi olah raga, SMA N 1 Bojong ini meraih juara 1 Lomba Volly Ball Putra SMA se-Kabupaten Tegal. Walaupun sarana dan prasarana belajar serba minim, prestasi lulusan angkatan pertama, menempati ranking di atas SMA N Balapulang untuk jurusan Biologi. Dari hasil prestasi lulusan angkatan pertama, maka berdampak pada peningkatan minat pendaftar tahun pelajaran 1993/1994 (angkatan ke-4) dan seterusnya.
Penulis adalah alumni terbaik angkatan pertama SMA N 1 Bojong Kabupaten Tegal.

1 komentar:

  1. ni dari alumni smp n 1 bojong,tlng dong sampein salam maaf saya ma anak2 aluemni smp n 1 bojong yang sekaranang sekolah di sma n 1 bojong
    ahmad nahdudien-sawangan

    BalasHapus